Notification

×

Iklan

Iklan

Polresta Bukittinggi Menggelar Latihan Dalmas untuk Menghadapi Pemilu 2024

Sabtu, 23 September 2023 | 14:47 WIB

Bukittinggi - Dalam rangka memastikan kesiapan personil dan sarana-prasarana dalam menghadapi rangkaian kegiatan Pemilu 2024, Polresta Bukittinggi secara rutin menggelar kegiatan Latihan Dalmas. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personil dalam mengamankan proses pemilu serta menjaga ketertiban dan keamanan selama periode kampanye dan pemungutan suara.


Kompol Sitinjak,SH selaku Kasi Humas Polresta Bukittinggi, menyatakan bahwa kegiatan Latihan Dalmas ini dilaksanakan secara rutin dua kali dalam satu minggunya sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024. "Kami sangat serius dalam mempersiapkan segala hal terkait dengan pengamanan pemilu. Latihan Dalmas merupakan salah satu upaya konkret yang kami lakukan untuk meningkatkan kesiapan personil serta sarana dan prasarana yang akan digunakan selama pemilu," ucapnya.


Latihan Dalmas merupakan latihan taktik khusus yang bertujuan untuk melatih personel dalam menghadapi situasi keamanan yang mungkin terjadi selama pemilu. Personel Polresta Bukittinggi dilibatkan dalam latihan ini untuk memperdalam pemahaman mereka tentang pengendalian massa, segi taktik, teknik komunikasi, dan koordinasi antar-unit.


Selama latihan, personel Polresta Bukittinggi akan melalui serangkaian simulasi kejadian-kejadian yang mungkin terjadi selama pemilu, seperti kerusuhan massa, aksi demonstrasi, pengamanan rapat umum, dan pengawalan pemungutan suara. Mereka juga akan dilatih untuk menghadapi berbagai skenario krisis dan situasi darurat.


Polresta Bukittinggi juga telah memperbaharui sarana dan prasarana pengamanan untuk menyelenggarakan pemilu. Mereka secara rutin melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap peralatan yang digunakan, seperti peralatan pengendalian massa, alat komunikasi, perlengkapan pelindung diri, dan kendaraan operasional. Hal ini bertujuan untuk memastikan semua peralatan dalam kondisi siap pakai dan berfungsi dengan baik saat dibutuhkan.


Kesiapan Polresta Bukittinggi dalam menghadapi pemilu juga melibatkan kerjasama dengan berbagai pihak terkait, seperti KPU, Bawaslu, dan instansi terkait lainnya. Melalui koordinasi yang baik, diharapkan pengamanan pemilu dapat dilakukan secara efektif dan lancar, serta mencegah terjadinya gangguan keamanan.


Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan menjaga situasi yang kondusif selama masa pemilu. Dalam hal ini, Polresta Bukittinggi memberikan jaminan akan upaya maksimal dalam melaksanakan tugasnya untuk menjaga keamanan selama proses pemilu. Mereka juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memicu konflik.


Dengan adanya Latihan Dalmas yang rutin diadakan oleh Polresta Bukittinggi, diharapkan kesiapan dalam menghadapi Pemilu 2024 semakin terjamin. Semua personel akan siap dan terlatih untuk mengamankan jalannya pemilu demi terwujudnya proses demokrasi yang aman, tertib, dan damai.(AK)

Cek Berita dan Artikel yang lain di GOOGLE NEWS
×
Berita Terbaru Update