Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Bincang-bincang Kamtibmas, Sinergi Polsek Bukittinggi Dengan Forkopimca



Polres Bukittinggi - Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopinca) Kecamatan Guguk Panjang, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, dan Kecamatan Mandiangin Koto Salayan, telah melakukan bincang-bincang Kamtibmas, pada hari Rabu tanggal 10 Maret 2021 pukul 14.30 wib yang bertempat di Ruangan Kapolsek Bukittinggi.


Dalam perbincangan Kamtibmas ini dihadiri oleh Kapolsek Bukittinggi Akp Dedy Adriansyah.P, SH,SIK, Camat Mandiangin Koto Salayan, Erizal S.Sos, Camat Guguk Panjang Syanji Faredy Filla Ferry S.STP, Camat Aur Birugo Tigo Boleh Drs. Hendri M.E, Dandramil 13/ Bukittinggi Kapten Ridwan, Waka Polsek Bukittinggi Iptu Rosminarti,SH, Kanit Intelkam Iptu Yurmasri, SH, Kanit Binmas Iptu Hamrizal , SH, dan Danramil 01/ Bukittinggi yang diwakili oleh Serma Yoga. 


Pertemuan ini  membahas permasalahan berupa penanganan Covid-19, dan dalam hal Kapolsek Akp Dedy menyampaikan agar Forkopinca melakukan upaya nyata cegah tangkal Covid-19 tersebut dengan melaksanakan upaya secara bersama, sehingga terasa kehadiran negara ditengah-tengah masyarakat. 
Forkopinca adalah pengambil kebijakan dan juga pelaksana kebijakan di lapangan di kecamatannya masing-masing. Dalam konteks tersebut, peran forkopinca sangat diperlukan, termasuk bisa membuat kebijakan yang terkait dengan penanggulangan dan pencegahan Covid-19. Memasuki era New Normal sekarang ini kesadaran terhadap protokol kesehatan masyarakat harus dibangun, misalnya kebiasaan mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan-kerumunan.


Berharap satgas Covid-19 mulai dari tingkat Kecamatan sampai tingkat RT/RW  yang terdiri dari semua elemen perangkat, tokoh masyarakat dan bermitra dengan Babinkamtibmas dan Babinsa supaya berperan aktif dalam pencegahan penyebaran, penanganan terhadap warga korban Covid-19. Dengan cara Implementasi kegiatan antara lain, sosialisasi Covid-19, pendataan penduduk yang rentan, pendataan fasilitas kesehatan, menyiapkan ruang isolasi, melakukan penyemprotan disinfektan, pemantauan perkembangan Orang dalam Pantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP), serta  memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul atau kerumunan. Dalam konteks penanganan, tim satgas dapat merekomendasikan kepada warga yang pulang dari daerah terdampak Covid-19 untuk melakukan isolasi diri baik dirumah masing-masing dengan pemantauan ataupun tempat isolasi yang telah disiapkan.


Kapolsek meminta dukungan Camat ketiga Kecamatan tersebut untuk kampung tangguh di masing-masing kelurahan.


Kapolsek juga meminta agar di setiap kelurahan agar diaktifkan kembali
Siskamling, untuk menekan angka kriminalitas di wilayah Kota Bukittinggi ini, juga Kapolsek bermohon kepada semua Forkopinca untuk pengembangan dengan penambahan Polsek. 


Dari pemaparan Akp Dedy dalam bincang-bincang Kamtibmas tersebut, selanjutnya tanggapan dari para Camat, bahwa Satgas Covid sampai hari ini Camat mengakui bahwa pihak Kecamatan tidak ada melaksanakan kegiatan tentang pencegahan Covid-19, karena anggarannya dialokasikan kepada BPBD. Untuk perencanaan penambahan pembanggunan satu buah Polsek dalam Kota Bukittinggi, maka pihak Kecamatan sangat mendukungnya. 


Mengahiri bincang-bincang Kamtibmas ini, Forkopinca sangat mendukung untuk tetap ditindak lanjuti sebagai bentuk silaturahmi. Melalui kegiatan ini para Forkopinca dapat bersinergi untuk membangun Kota Bukitttinggi sesuai bidangnya masing-masing, demikian Kapolsek mengahirinya.

Posting Komentar

0 Komentar