Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2021 Polres Bukittinggi



Polres Bukittinggi - Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat  Tahun 2021, diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, dalam situasi pandemi Covid-19 Polres Bukittinggi melaksanakan apel gelar pasukan tersebut dengan mematuhi Protokol Kesehatan, menjaga jarak , menggunakan masker dan membatasi jumlah Pasukan yang mengikuti apel , Rabu (05/05/2021).


Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021 di Polres Bukittinggi ini sebagai Pimpinan Apel adalah Walikota Bukittinggi H. Erman Safar, SH


Dan yang mengikuti Apel adalah para PJU Polres Bukittinggi, Kasat Fung Polres Bukittinggi, para Kapolsek Jajaran Polres Bukittinggi, para Perwira Polres Bukittinggi, serta tamu undangan dari unsur Kodim 0304/Agam, Ka Subden Pom I/4-3 Bukittinggi, Forkopimda Kota Bukittinggi.


Walikota Bukittinggi sebagai pimpinan apel membacakan Amanat Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin tahun 2021 dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. 


Dalam amanatnya Kapolri menyampaikan bahwa dilaksanakannya apel sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2021, baik pada aspek personal maupun sarana dan prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya.


Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H tren kasus covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktivitas Masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.


Berkaitan dengan hal tersebut pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H, ini merupakan tahun kedua pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi pandemi covid-19. 



Hari Raya Idul Fitri 1442 H dirayakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Peningkatan aktivitas masyarakat akan terjadi dalam bentuk kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat di sentra-sentra ekonomi, pariwisata serta kegiatan budaya seperti takbir keliling dan halal bihalal. Hal ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas gangguan kamseltibcarlantas dan pelanggaran protokol kesehatan covid 19.


Oleh karena itu Polri menyelenggarakan operasi ketupat 2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021 semangat yang ingin saya tanamkan dalam operasi ketupat 2021 adalah upaya Polri dalam mencegah penyebaran covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan, jelaskan langkah-langkah preemtif dan preventif secara humanis, sehingga masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan, dan laksanakan penegakan hukum sebagai upaya terakhir "ultimum remedium" secara tegas dan profesional terhadap pelanggar protokol kesehatan yang sudah berulang kali serta oknum-oknum masyarakat yang menimbulkan dampak negatif kesehatan secara luas dan ciptakan clash terbaru covid 19.


Dalam amanatnya yang dibacakan Walikota Bukittinggi, Kapolri memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi ketupat 2021 yaitu sebagai berikut :


Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa 


Kedua, laksanakan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat 


Ketiga, tingkatan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dan hari raya idul Fitri 1442 H.


Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis berikan pelayanan terbaik lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system


Kelima,  laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas 


Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi 


Ketujuh tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19 yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih


Kedelapan pastikan petugas fronliner telah melaksanakan program vaksinasi sebanyak 2 kali


Sebelum mengakhiri amanatnya Kapolri mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personil dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan operasi ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya idul Fitri 1442 H, Kapolri mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan dan idul Fitri 1440 hijriah kepada seluruh umat muslim yang merayakan. (*)

Posting Komentar

0 Komentar