Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolda Sumbar Launching ETLE Camera Mobile Hand Held

Kamis, 01 Desember 2022 | 18:51 WIB

Polda Sumbar - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH melaunching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Camera Mobile Hand Held. Launching tersebut dilaksanakan pada Kamis (1/12) pagi di Polda Sumbar.


Launching ETLE Camera Mobile Hand Held ini, dihadiri oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si, Pejabat Utama Polda Sumbar, Forkopimda Sumbar, Jasa Raharja, dan para Kasat Lantas sejajaran Polda Sumbar.


Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono menyebut, pada launching ETLE Camera Mobile Hand Held ini bahwa untuk peralatannya saat ini masih terbatas dan baru sepuluh alat dan ditempatkan dibeberapa titik lokasi.


"Pastinya nanti akan kita kembangkan itu menjadi sebagaimana yang kita harapkan pada simbol (titik) kemacetan dan juga dugaan dari data disitu terjadi kecelakaan lalu lintas, atau mungkin disitu terjadi pelanggaran lalu lintas," sebutnya.


"Tidak pakai helm, tidak pakai safety belt, berkendara sambil menggunakan handphone dan lain sebagainya, itu kan berbahaya," sambung Kapolda Sumbar.


Terkait sarana dan prasarana serta alat yang dibutuhkan, Irjen Pol Suharyono pun mengakui saat ini masih kekurangan dan belum memenuhi sesuai kebutuhan.


Tapi minimal katanya, langkah awal ini adalah menjadi bagian penting untuk pemahaman kepada seluruh masyarakat Sumbar pada umumnya.


"Kalau kita sekarang masih formasi di wilayah Padang harapannya masyarakat di setiap Kabupaten Kota di Sumatera Barat ini mengetahui dengan adanya sosialisasi awal bahwa Polri dalam menegakkan hukum di bidang pelanggaran lalu lintas ini adalah melakukannya secara digital," terangnya.


Jadi nantinya sebut Kapolda, tidak akan ada lagi sentuhan secara fisik saat petugas melakukan penindakan di jalan raya.


"Ini meminimalisir juga terjadinya kesalahpahaman antara yang menindak dengan yang ditindak. Ujung-ujungnya nanti terjadi perselisihan di jalan dan di viralkan publik, menurunkan citra Polri," bebernya.


Kemudian, dalam rangka kamseltibcarlantas itu, satu diantaranya adalah terobosan kreatif yang telah di launching di Korlantas Mabes Polri.


"Sehingga para Dirlantas dan satuan lantas di jajaran menindak lanjuti apa yang menjadi terobosan kreatif ini," ungkap Kapolda Sumbar.


Sebelumnya, Kapolda Sumbar melepas secara simbolis petugas lalu lintas yang akan melakukan ETLE Camera Mobile Hand Held melalui virtual.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di GOOGLE NEWS
×
Berita Terbaru Update